Mengungkap Misteri: Penyebab Hb Rendah Pada Wanita

By | Desember 29, 2023

Hemoglobin merupakan sebuah protein penting berada di sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Penyebab hb rendah pada wanita bisa disebabkan oleh faktor seperti kehilangan darah saat menstruasi, kehamilan, serta kondisi kesehatan tertentu. Salah satu faktor umumnya adalah anemia defisiensi besi, terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi untuk memproduksi hemoglobin dalam jumlah cukup. Penyebab potensial lainnya adalah kekurangan vitamin, terutama kekurangan vitamin B12 atau folat, bisa mengganggu produksi sel darah merah. Penyakit kronis, seperti penyakit ginjal atau kanker, juga menyebabkan rendahnya kadar hemoglobin dengan mengganggu fungsi normal tubuh. Oleh karena itu, disini kita akan mengungkap lebih jauh penyebab hb rendah pada wanita.

Penyebab Hb Rendah Pada Wanita

Memahami Peran Hemoglobin Dalam Tubuh

Seperti berita viral terkini, hemoglobin memainkan peran penting menjaga kesehatan juga kesejahteraan tubuh kita secara keseluruhan. Menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh yang dibawa dari paru-paru. Oksigen ini sangat penting berfungsinya sel-sel tubuh kita, sehingga memungkinkan sel-sel tersebut menjalankan fungsinya secara optimal.

Ketika kadar hemoglobin rendah, tubuh tidak menerima jumlah oksigen cukup, sehingga menimbulkan berbagai gejala seperti kelelahan, lemas, sesak napas, serta kulit pucat. Penting memahami faktor-faktor yang berkontribusi terhadap rendahnya kadar hemoglobin wanita agar bisa mengatasi masalah secara efektif.

Faktor Umum Sebagai Penyebab Hb Rendah Pada Wanita

Rendahnya kadar hemoglobin di tubuh seorang wanita dapat disebabkan oleh faktor umum serta kesehatan. Berikut dibawah ini penjelasan beberapa pemicu timbulnya hal tersebut, simak penjelasannya:

  • Kehilangan Darah Menstruasi

Salah satu alasan utama rendahnya kadar hemoglobin wanita adalah kehilangan darah secara teratur selama menstruasi. Rata-rata, wanita kehilangan sekitar 30-40 mililiter darah setiap siklus menstruasi. Jika pendarahannya banyak atau berkepanjangan, hal ini berdampak signifikan kepada kadar hemoglobin seiring berjalannya waktu.

  • Kehamilan

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami banyak perubahan, termasuk peningkatan volume darah mendukung pertumbuhan janin. Peningkatan volume darah ini dapat menyebabkan pengenceran konsentrasi hemoglobin, sehingga menurunkan kadarnya. Selain itu, kekurangan zat besi sering terjadi selama kehamilan, selanjutnya berkontribusi terhadap rendahnya hemoglobin.

  • Kekurangan Gizi

Asupan nutrisi penting tidak mencukupi, terutama zat besi, folat, juga vitamin B12, menyebabkan rendahnya kadar hemoglobin wanita. Zat besi sangat penting untuk produksi hemoglobin, sedangkan folat dan vitamin B12 diperlukan sebagai pematangan sel darah merah. Pola makan kekurangan nutrisi ini menghambat kemampuan tubuh untuk memproduksi hemoglobin dengan jumlah cukup.

Itulah beberapa hal sebagai pemicu rendahnya kadar hemoglobin di tubuh seorang wanita.